Home » , » Tips Untuk Menjadi Technopreneur

Tips Untuk Menjadi Technopreneur

Written By Unknown on Sabtu, 03 Oktober 2015 | 22.13


Saat ini setiap orang rata – rata memiliki perangkat elektronik berupa ponsel atau mobile phone. Ini menggambarkan besarnya peluang untuk memulai bisnis baru di bidang Teknologi Informasi. Apakah anda ingin menjadi Technopreneur? Namun, jangan terburu – buru, sebelum memulai bisnis anda harus mempertimbagkan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi pertimbangan anda dalam memulai bisnis dalam bidang teknologi.

Pengetahuan Khusus

Anda harus memiliki pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan jalankan. Tanpa mengetahui seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, Anda menempatkan diri Anda pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan membuat keputusan yang buruk dan belajar dari kesalahan yang mahal bukanlah hal yang mudah bagi pengusaha.

Percaya Diri

Meluncurkan bisnis baru adalah perjuangan dan tanpa kepercayaan diri dan kemampuan untuk melihat situasi, maka akan mudah hancur. Anda harus belajar menyimpan ketakutan dan kecemasan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal . Dihadapan publik, Anda harus menjadi figur yang tenang dan percaya diri.

Keuletan

Kemampuan untuk melihat situasi adalah kualitas yang dimiliki pengusaha sukses. Orang yang demikian mampu bertahan dalam kondisi bisnis yang tidak menentu dengan keteguhan dan keuletan. Kemauan yang kuat lebih diperlukan di tahap awal usaha, bahkan ketika goncangan kecil terjadi dalam bisnis. Pengusaha harus belajar untuk bangkit dari kegagalan yang dihadapi.

Motivasi Yang Tepat

Pengusaha yang memiliki motivasi lebih tinggi daripada nilai sekedar kaya cenderung membangun bisnis yang bisa bertahan lama . Mereka di dorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang berharga.

Kreatifitas dan Inovasi

Kreatifitas adalah kemampuan memberikan solusi unik dari permasalahan. Pengusaha sukses mengadopsi teknik pemecahan masalah yang kreatif untuk menghadapi tantangan. Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian diperlukan di semua area, dari mengisi kekosongan pasar, dan memvisualisasikan produk dengan sistem dan prosedur yang lebih efisien dan biaya yang efektif.

Pandangan Strategik

Tidak ada pengusaha yang sukses tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan banyak hal.  Pengusaha yang sudah lama malang-melintang di dunia bisnis memiliki pengalaman tersebut atau hanya dengan mengandalkan memiliki peluang yang bagus untuk sukses karena mereka bisa merasakan kemana arah angin bertiup dan akan mengarahkan kemudi di arah angin.

Kepemimpinan

Seorang pengusaha harus bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah kualitas yang memberikan panduan dan insipirasi bagi mereka yang melihat ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung terlahir dengan kualitas kepemimpinan.

Menghilangkan Ego

Pengusaha dengan ego yang tinggi tidak bisa menghargai pandangan orang lain kecuali pandangannya sendiri. Mereka mudah tersinggung dan orang yang berbakat akan kesulitan bekerja dengannya.

Kemampuan Untuk Berbelok

Fleksibilitas dalam berpikir adalah kualitas kunci bagi pengusaha. Mereka harus bisa merubah pandangan dan strategi berdasarkan situasi yang terjadi. Untuk melakukannya, ego perlu dihilangkan.

Etika

Etika adalah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan untuk jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak suka berhubungan dengan pengusaha yang tidak jujur.


Sumber Referensi :


SHARE

About Unknown

Haloo nama saya Mira Novita Dewi. Saya adalah seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan di SMK TI Bali Global Denpasar dan mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Saya adalah penulis tunggal di blog ini. Saya berharap postingan dari blog ini dapat bermanfaat bagi pembaca

1 komentar :